Kunci Sukses Menghadapi Tes Kemampuan Umum

Tidak ada yang semudah membalikkan telapak tangan. Semua harus dilalui dengan usaha dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti halnya saat kita duduk di bangku sekolah. Untuk naik tingkat, kita harus melalui sebuah ujian.

Begitupun saat kita ingin memasuki dunia kerja. Saat ini, seluruh perusahaan?baik negeri maupun swasta?telah menerapkan berbagai macam tes bagi para calon pegawainya. Salah satu tes yang biasa diberikan kepada calon pegawai adalah Tes Kemampuan Umum (TKU).

TKU berisi soal-soal yang memuat pengetahuan umum kita sebagai individu. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika, tata negara, sejarah, ekonomi, geografi, pengetahuan umum, dan kebijakan pemerintah adalah subjek-subjek yang ditampilkan dalam TKU.

Sekilas, TKU ini terkesan mudah untuk dilalui. Namun, berdasarkan sejumlah pengalaman, tidak jarang TKU inilah yang menjadi ?batu sandungan? untuk lolos ke seleksi berikutnya. Makanya jangan heran jika tes yang satu ini dikategorikan ?gampang-gampang susah?. Bukan karena tingkat kesulitannya tes ini jadi terbilang gampang-gampang susah. Justru karena jumlah soalnya yang cukup banyak dan terdiri dari berbagai bidang sehingga dapat menyita kerja otak.

Untuk itu, dalam menjawab soal-soal TKU ini dibutuhkan pemikiran yang ekstra keras sekaligus kontrol diri yang mantap. Siapkan diri secara fisik dan mental. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, dan olah raga yang teratur adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan fisik. Sedangkan untuk persiapan mental, penguasaan materi dengan cara giat berlatih berbagai soal TKU adalah solusi yang paling tepat.

Jika persiapan fisik mudah dilakukan, begitu pula dengan persiapan mental. Karena saat ini Anda bisa dengan mudah membaca-baca kembali soal TKU yang biasa diberikan melalui buku-buku kumpulan soal TKU. Salah satunya adalah buku Sukses Menghadapi TKU untuk CPNS & Karyawan Swasta yang ditulis oleh Redaksi Tangga Pustaka.

Buku ini berisi kumpulan dan tipe soal TKU yang kerap diujikan. Pembahasannya pun terbilang lengkap. Mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, tata negara, sejarah, matematika, ekonomi, geografi, pengetahuan umum, dan kebijakan pemerintah ada di dalam buku ini. Model soalnya adalah pilihan ganda. Di bagian belakang terdapat jawaban dari soal-soal yang ada berikut dengan penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *