Cara Praktis Belajar Percakapan Bahasa Jepang

ngomong-jepang-gampangBahasa Jepang merupakan satu-satunya bahasa yang memiliki jenis huruf terbanyak, yaitu terdiri dari huruf hiragana, huruf katakana, hingga huruf kanji. Setiap jenis huruf memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda. Huruf hiragana merupakan huruf asli Jepang yang umumnya paling banyak digunakan dalam setiap kata atau kalimat bahasa Jepang. Dilihat dari bentuknya, huruf hiragana sangat sederhana. Tarikan dari setiap huruf sangat luwes, sehingga mudah untuk dipelajari.

Sedangkan huruf katakana lebih sering digunakan dalam bahasa tulis. Huruf ini dipakai untuk menulis kosakata yang berasal dari bahasa asing di luar bahasa Jepang atau serapan. Di antaranya adalah semua nama orang asing dan nama kota serta negara asing. Sebuah kosakata yang ditulis dengan huruf hiragana bisa diganti menggunakan huruf katakana, apabila makna dari kosakata tersebut ingin lebih ditonjolkan atau ditekankan, layaknya sebuah judul buku, dan lain sebagainya.

Adapun huruf kanji, juga sering digunakan dalam bahasa tulis. Huruf ini diadaptasi dari huruf bahasa Cina. Huruf kanji ini merupakan simbol untuk mewakili sebuah benda. Dalam penggunaannya, huruf kanji bisa berdiri sendiri ataupun disandingkan dengan huruf kanji lain. Ada dua jenis cara baca huruf kanji, yakni kunyomi dan onyomi. Kunyomi dibaca saat kanji digunakan sendiri sebagai kata. Sedangkan onyomi dibaca saat kanji digunakan dengan kanji yang lain sebagai sebuah kata.

Untuk pengucapannya, abjad Jepang, baik katakana maupun hiragana terdiri atas dua buah huruf, yakni satu huruf konsonan dan satu huruf vokal a, i, u, e, o. Huruf vokal pada abjad Jepang memiliki bunyi yang sama seperti bunyi huruf vokal dalam bahasa Indonesia.  Sedangkan huruf konsonan, pengucapannya hampir sama seperti bahasa Indonesia dengan sedikit perbedaan.

Kebutuhan terhadap bahasa Jepang, setiap hari semakin penting, terutama untuk kepentingan bisnis dan pendidikan. Jepang yang telah memiliki perkembangan ekonomi dan teknologi yang pesat, menjadikan Jepang sebagai negara yang sangat penting dalam berbagai hal. Dari sinilah, satu sebab minat masyarakat terhadap bahasa Jepang semakin tinggi. Selain itu, transformasi kebudayaan dari Jepang ke luar negeri, menjadi bahasa ini sangat penting dikuasai bagi banyak orang.

Mungkin Anda salah satu orang yang sedang atau ingin belajar bahasa Jepang ini. Nah, kami penerbit Tangga Pustaka menerbitkan buku “Ngomong Jepang Gampang” yang dapat membantu Anda belajar percakapan bahasa Jepang secara praktis. Buku ini disusun oleh Heny Fitria Puspita Sari, S.S & Takeo Fujiwara yang sengaja dibuat untuk Anda agar dapat belajar bahasa Jepang melalui percakapan yang mudah dimengerti dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, di dalam buku ini dilengkapi pula dengan berbagai kosakata yang terdiri atas kata kerja, kata sifat, dan kata benda. Penulis juga menyajikan beberapa informasi budaya yang sedianya dapat menambah pemahaman dan pengetahuan terhadap Jepang. Dengan ukuran yang minimalis, mempermudah buku ini praktis untuk dibawa ke mana pun Anda pergi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *