Cara Beriklan yang Tepat dan Dahsyat

iklanpowerfulutkbisnisandaberawaldrbukuiniKemajuan pesat penjualan produk perusahaan apa pun, semua berawal dari iklan. Iklan menjadi salah satu pilar utama yang paling berpengaruh dalam maju-mundurnya sebuah produk di pasaran. Iklan laksana mata panah yang bisa menembus hati konsumen agar mereka tertarik untuk membeli. Karenanya, Anda mesti mengasah mata panah tersebut dengan instrumennya, selain agar tajam juga mampu melesat dengan cepat.

Pertanyaannya, bagaimanakah membuat iklan yang tepat dan tajam tersebut? Setidaknya, ada lima kunci pokok dalam menentukan sebuah iklan yang efektif, yaitu sebagai berikut.

1. Menentukan pesan yang tepat yang ingin Anda sampaikan.
2. Mengetahui dengan jelas siapa target konsumen Anda.
3. Membuat iklan Anda tampil menonjol di antara jutaan iklan lainnya.
4. Memastikan agar orang-orang sering melihat iklan Anda.
5. Memberikan waktu bagi iklan Anda untuk bekerja.

Pada poin pertama, iklan harus disampaikan secara jelas dan tidak membingungkan konsumen potensial. Anda harus merencanakannya secara matang untuk menentukan kalimat magis atau pesan gambar yang menarik untuk menyampaikan pesan produk Anda secara jelas. Selain itu, di dalamnya terdapat pesan positif yang mudah melekat dalam ingatan konsumen sehingga mereka benar-benar mengerti bahwa produk Anda sangat menarik dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Anda mungkin ingat iklan coca cola. Iklan produk soft drink ini mampu menyampaikan sebuah pesan magis bagi konsumennya yang sesuai dengan kriteria produk yang dijual. Pesan ini berupa “kesegaran” bagi setiap peminumnya yang kemudian memberikan spirit lain, seperti semangat dan nilai kebersamaan. Iklan jenis ini mampu menggerakkan pikiran pemirsa untuk mengikuti seperti apa yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, penentuan target perlu diperhatikan untuk efektivitas iklan Anda sesuai segmennya. Misalnya, jika Anda menjual produk pereda rasa sakit akibat radang sendi, Anda hampir tidak mungkin bisa mendapatkan hasil yang baik apabila iklan itu muncul di sela-sela liputan olahraga ekstrem. Mengetahui dan menentukan dengan tepat jenis orang yang Anda inginkan untuk melihat iklan merupakan komponen esensial dalam merencanakan kampanye iklan. Semakin jelas mengetahui siapa  target konsumen, Anda akan semakin efektif dalam merencanakan iklan.

Buku 101 ( + Bonus 20) Ide Keren: Iklan Powerfull untuk Bisnis Anda Berawal dari Buku Ini! akan menjelaskannya kepada Anda tentang pembuatan, perencanaan dan publikasi iklan secara tepat dan dahsyat. Buku ini ditulis oleh Andrew Griffiths, seorang motivator bisnis sekaligus pendiri The Marketing Professional, salah satu firma pengembangan bisnis dan pemasaran terbaik dan paling dihormati di Australia.

Di dalam buku terbitan Tangga Pustaka ini Anda akan mendapatkan 101 trik dalam menciptakan iklan yang efektif sehingga berpengaruh dahsyat bagi kemajuan penjualan produk Anda. Buku ini dibagi ke dalam 11 sub-judul, mulai dari memahami periklanan, teknik beriklan di surat kabar, cara sukses membuat iklan di televisi, cara menulis iklan, teknik tepat beriklan di radio, buku kuning, majalah, internet, beriklan di luar ruangan, beriklan melalui surat langsung, hingga beriklan dengan mitra bisnis lain. Buku ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang harus membuat keputusan tentang mengiklankan jasa atau produk, termasuk pemilik bisnis, manajer, manajer pemasaran, mahasiswa, bahkan konsultan periklanan dan pemasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *