Teknik-teknik Tepat Menjadi Penulis Andal

88kiatmjdpenulishebatSiapa sih yang tidak ingin menjadi penulis buku best seller? Selain mendapatkan keuntungan finansial, juga memiliki nilai publisitas tinggi sehingga bisa mencuatkan namanya. Banyak orang-orang yang menjadi populer, bahkan menjadi panutan karena buku-buku yang ditulisnya mendapatkan sambutan baik dari masyarakat.

Sebut saja, Habiburrahman El-Shirazy, yang dulu kita belum mengenalnya. Namun, setelah melejit lewat novel yang ditulisnya, Ayat-ayat Cinta, namanya membumbung sehingga ia sering mendapatkan tawaran mengisi acara di berbagai event dan daerah. Selain itu, novelnya juga diangkat ke layar lebar, dan sama-sama mendapatkan sambutan baik sehingga pundi-pundi keuntungan finansialnya semakin bertambah.

Tidak hanya itu, novelnya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan pembacanya. Novel tersebut berhasil menggugah hati dan memberikan inspirasi positif untuk mengaplikasikan berbagai penggalan episode dalam cerita dan tokoh di dalamnya. Bisa dikatakan, novel yang ditulisnya tidak hanya sekadar fiksi, tapi mampu memberi motivasi yang membangun.

Sungguh, tentu saja menulis novel semacam ini tidak semudah membalikkan tangan. Butuh suatu usaha pendalaman karakter, pembendaharaan wawasan, dan teknik penulisan yang tepat. Keterikatan tokoh dan cerita yang dibangun, mesti mampu membuncahkan perasaan pembaca sehingga mereka benar-benar terhanyut di dalamnya, baik melalui konflik maupun kejutan.

Lalu, apakah kita bisa membuat novel semacam Ayat-ayat Cinta? Tentu saja bisa jika kita mau memulainya dengan mengikuti teknik-teknik penulisan yang tepat. Teknik ini yang akan mengajarkan kita bagaimana menentukan ide, mengumpulkan bahan, memulai menulis, dan lain sebagainya. Tujuannya, agar tulisan kita memiliki bobot besar untuk menembus pembaca dan memiliki kekuatan pasar.

Atas dasar itu, Syamsa Hawa dan Irawan Senda menulis sebuah buku kiat-kiat seputar menulis buku, baik fiksi maupun non-fiksi,  yaitu 88 Kiat Menjadi Penulis Hebat. Dari 88 kiat tersebut akan membantu Anda menjadi penulis handal sehingga mampu menelurkan buku-buku berkualitas dan mendapatkan sambutan baik di masyarakat sehingga menjadi best seller.

Buku yang diterbitkan Tangga Pustaka ini dibuka dengan motivasi agar Anda benar-benar tertarik menulis dan memiliki obsesi menjadi penulis besar. Lalu, dilanjutkan dengan pembahasan kendala-kendala yang biasa dihadapi seorang penulis sehingga Anda bisa mengantisipasinya menjadi sebuah solusi yang tepat.

Pada bab berikutnya, Anda akan mulai diberikan teknik-teknik mencari ide penulisan buku, yaitu mulai dari pengalaman pribadi, observasi, wawancara, trik ATM, hingga mencari ide-ide tersebut di jalan-jalan. Secara bertahap dan praktis, penjelasan berikutnya dibahas pada bab-bab selanjutnya hingga kiat-kiat menawarkan buku ke penerbit dan peluang-peluang jenis penulisan buku yang bisa Anda ambil.

Selamat berkarya…!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *