Mempelajari & Memahami Bahasa Inggris

Saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kerap digunakan di berbagai bidang, misalnya di bidang pendidikan. Bahasa Inggris sudah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan nasional, bahkan jenjang pendidikan pra-sekolah (sebelum TK) menggunakannya. Banyak lembaga pra-sekolah mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak didik sebagai bahasa keseharian di dalam lingkungan sekolah. Tentu saja ini tidak bermaksud untuk menghilangkan peran penting Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak lembaga pendidikan menekankan penggunaan Bahasa Inggris sebagai usaha memperbaiki nama dan mutu sekolah tersebut, bahkan pendidikannya hamper mencapai 70:30 (70% aktivitas menggunakan Bahasa Inggris). Perlu diperhatikan, tujuan utama lembaga pendidikan tersebut bukan untuk “meng-inggris-kan” generasi muda bangsa, tetapi berusaha meningkatkan kualitas pendidikan secara global.

Melihat fenomena di atas, rasanya amat membanggakan apabila generasi muda mendapatkan banyak hal yang menyangkut kualitas pendidikan. Terlebih lagi, banyak literatur bermutu yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Lantas, mengapa kita masih berdiam diri dan tidak bermotivasi untuk belajar lebih lanjut. Terlambat? Tidak juga, asal ada kemauan, Bahasa Inggris bisa dengan mudah dipelajari dan dipahami.

Namun, masih banyak yang menganggapan Bahasa Inggris sulit dipahami terutama, menyangkut tata bahasa, struktur kalimat, dan pengucapannya. Rasanya, dengan cara belajar yang tepat dan sering berlatih, Bahasa Inggris dapat dikuasai dalam waktu yang singkat, apalagi ditambah dengan mengikuti kursus atau lembaga bimbingan Bahasa Inggris.

Selain itu, belajar dengan menggunakan buku juga sangat bermanfaat untuk menguasai Bahasa Inggris, seperti buku karya R. Maas Shobirin yang berjudul “Cara Mudah Belajar Basic English Grammar”. Buku ini berisi dasar-dasar tata Bahasa Inggris (Basic Engkis Grammar) yang sesuai pola yang berlaku. Ini penting agar ketika menggunakan Bahasa Inggris tidak menimbulkan “kebingungan” dan salah persepsi di antara penggunanya.

Buku terbitan Tangga Pustaka ini juga dilengkapi dengan contoh latihan dan pembahasan agar lebih mudah dipahami. Harapannya, pembaca bisa dengan mudah memahami pola dasar tata Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *