Mudah Mengerjakan Tes Potensi Akademi


Untuk menjaring karyawan baru, perusahan swasta maupun pegawai negeri biasanya menggelar Tes Potensi Akademik (TPA). Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan dan pemahaman seseorang pada bidang tertentu. Selain menilai kemampuan akademis, TPA juga menilai aspek psikologis para calon karyawan. Dengan begitu perusahaan bisa menilai tepat tidaknya mereka dengan formasi yang dibutuhkan intansi.


Karena itu soal-soal yang diberikan dalam Tes Potensi Akademik diambil dari mata pelajaran pada saat di bangku SMA, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Metmatika. Dari ketiga mata pelajaran tersebut, seringkali dimodifikasi menjadi beberapa tipe soal psikotes, seperti tes persamaan kata, lawan kata, analogi, acak kata, deret angka, matematika berpola, dan gambar.

Bisa dibilang, tes ini gampang-gampang susah. Adakalanya, seorang pencari kerja gagal menjalani tes hanya karena tidak mengerti dan memahami soal TPA. Hal semacam itu perlu diantisipasi agar peluang lolos dalam tes terbuka lebar. Siapkan diri secara fisik dan mental merupakan kunci keberhasilan tes ini.

Persiapan fisik membutuhkan stamina fisik yang prima dari istirahat yang cukup, konsumsi makan yang sehat, dan olah raga yang teratur. Persiapan mental dapat dilakukan dengan menyiapkan penguasaan materi dengan berlatih berbagai soal Tes Potensi Akademik (TPA).

Ketidaktahuan dan ketidaksiapan menjadi sebuah rintangan yang cukup berat untuk lolos seleksi. Oleh karena itu, buku Sukses Menjalani Tes Potensi Akademik yang diterbitkan Tangga Pustaka menyediakan sarana latihan berupa beragam contoh soal dan pembahasannya. Materi yang tercakup dalam buku ini mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, persamaan & lawan kata, analogi & acak kata, deret angka, matematika berpola, sampai tes gambar.

Selain itu, buku ini juga membahas beberapa tip praktis pada saat menghadapi psikotes dan tes wawancara. Harapannya, Anda bisa lebih siap secara materi pada saat menghadapi tes yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *