Cara Praktis Meningkatkan IQ Anak

Melatih IQ anak sedini mungkin sangat berpengaruh bagi kecerdasan anak. Karena kecerdasan itu suatu kemampuan mental yang dibawa oleh individu sejak dini, untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru serta memecahkan masalah-masalah secara cepat dan tepat.

Tingkat kecerdasan anak sangat ditentukan oleh keadaan otak dan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti: sifat genetis, lingkungan (fasilitas, sosial-ekonomi keluarga), motivasi dan status gizinya. Kepandaian anak dapat diukur dengan melakukan tes IQ.

Tes IQ sejak lama telah dipakai oleh banyak orang terutama bagi kaum orangtua untuk melatih dan mengembangkan kecerdasan anak. Tes ini sebagai salah satu cara untuk mengukur tingkat kecerdasan anak. Otak yang cerdas, hanya memerlukan sedikit reaksi untuk memecahkan masalah. Sedangkan yang kurang cerdas, tampak akan mengerahkan hampir semua bagian otaknya untuk menjawab permasalahan yang sama.

Untuk melakukan tes IQ anak bisa dilakukan dengan memberikan latihan soal-soal. Namun soal yang dibuat harus dirancang sedemikian rupa sesuai dengan tingkat dan kebutuhannya. Yakni tingkat umur dan tujuan pencapaian dari hasil tes.

Konsep-konsep tes IQ di atas, salah satunya Anda bisa mendapatkannya di dalam buku “Melatih & Mengembangkan IQ anak 4 ? 6 Tahun”  karya Liana Laksono yang diterbitkan Tangga Pustaka. Buku ini menyajikan materi untuk melatih logika berpikir anak usia 4 – 6 tahun. Di dalamnya berisi latihan IQ yang mampu memicu aktivitas otak anak karena memuat objek-objek yang disukai anak, seperti binatang, alat transportasi, maupun benda-benda yang sangat dekat dengan lingkungan anak.

Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, peran orangtua berpengaruh besar pada perkembangan IQ anak. Dampingi dan berikan arahan kepada anak saat mengerjakan latihan-latihan soal.

Alhasil, buku ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang peduli terhadap perkembangan dan kecerdasan otak anak. Sebab, buku ini telah memberikan jalan kemudahan dan solusi dari suatu kesulitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *