Mudah dan Tepat Tes Psikotes

Saat menghadap tes perekrutan karyawan, banyak soal yang harus Anda selesaikan, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika, tata negara, sejarah, ekonomi, geografi, pengetahuan umum, dan kebijakan pemerintah. Yang demikian biasa disebut dengan Tes Kemampuan Umum (TKU).

Dari sejumlah pengalaman cerita, ternyata inilah yang terkadang menjadi “batu sandungan” untuk lolos ke seleksi berikutnya. Sejatinya, TKU gampang-gampang susah dan bukanlah hal yang perlu ditakuti. Bukan karena sulit, tetapi soal TKU yang jumlahnya cukup banyak yang terdiri dari beragam bidang dapat menyita kerja otak sehingga diperlukan pemikiran yang ekstra keras sekaligus kontrol diri yang mantap.

Sekali lagi, soal-soal tersebut tidaklah sulit jika kita mengenal tipikal dan kisi-kisi soal yang akan diujikan. Dan, tentu saja menjaga mental diri Anda untuk tetap berpikiran tenang dan terfokus itu sangat dibutuhkan. Siapkan diri secara fisik dan mental!

Masing-masing bidang materi ujian memiliki penilaiannya. Penilaian tes bahasa Inggris meliputi pemahaman makna teks (teks lisan atau percakapan), narasi monolog sederhana dan deskriptif dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam tes bahasa Indonesia, materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pemahaman bacaan atau teks pemahaman atau penggunaan ungkapan, penulisan berbagai bentuk surat, pemahaman unsur-unsur, sistematika dalam penulisan karya tulis, dan apresiasi berbagai karya sastra.

Materi yang diujikan dalam Tata Negara seputar tentang kenegaraan dan menyangkut
peristiwa kenegaraan yang terjadi di seluruh dunia. Sedangkan materi yang diujikan dalam Sejarah berhubungan dengan sejarah dan peristiwa penting yang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia.

Di bidang Matematika, penilaian tes meliputi pemahaman secara matematis dan prinsip logika matematika dalam pemecahan sebuah masalah. Materi yang diujikan di dalam Ekonomi berhubungan erat dengan permasalahan seputar prinsip ekonomi dan kaitannya dengan kebutuhan manusia (konsumen, produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar).

Dan, untuk materi yang diujikan di dalam Geografi meliputi pemahaman objek, ruang lingkup, aspek pendekatan secara geografis (pemetaan, fenomena alam, dan unsur geosfer), dan dinamika unsur sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Materi tes Pengetahuan Umum meliputi hal-hal yang bersifat aktual dan faktual. Tes ini bertujuan untuk mengukur kepekaan seseorang dalam menghadap perkembangan dan informasi dunia.

Bagaimana contoh-contoh tes yang biasa diujikan? Buku Sukses Menghadapi TKU untuk CPNS dan Karyawan Swasta persembahan Redaksi Tangga Pustaka ini berisi kumpulan dan tipe soal TKU yang kerap diujikan dalam tes seleksi penerimaan pegawai.

Buku ini dihadirkan sebagai latihan dalam penguasaan materi yang diujikan. Melalui buku ini, diharapkan Anda bisa lebih siap secara materi pada saat menghadap tes perekrutan kerja yang sebenarnya.

Selamat berjuang dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *