Teknik Membatasi Kuota Akun

Pemborosan sumber daya acapkali terjadi pada komputer yang digunakan oleh beberapa orang pengguna sekaligus. Pengguna-pengguna tersebut seringkali melupakan persoalan kapasitas penyimpanan data di dalam hard disk.

Agar persoalan semacam ini tidak terjadi, kita dapat menerapkan kuota pada masing-masing akun di dalam PC. Sistem kuota dapat diterapkan untuk semua drive di dalam komputer dengan file sistem NTFS. Berikut cara mengaktifkan kuota penyimpanan pada PC.
– Klik [Start] > [Run] > ketikkan [gpedit.msc] untuk membuka [Group Policy].
– Masuklah ke folder: [Local Computer Policy] > [Computer Configuration] > [Administartive templates] > [System] > [DiskQuotas].
– Pada jendela bagian kanan, carilah pengaturan bernama [Enable disk quotas] > klik ganda setting tersebut > pilih button [Enabled] > tekan [Ok] untuk menutup kotak [Enable disk quotas Properties].
– Setelah melakukan langkah-langkah di atas, opsi [Enable Quota management] yang ada di tab [Quota] pada masing-masing drive akan dinonaktifkan. Langkah ini untuk mencegah pengguna lain yang berusaha menonaktifkan pengaturan kuota hard disk.
– Selanjutnya, tentukan batas kuota untuk semua akun.
– Aktifkan [Group Policy] dan masuk kembali ke folder [DiskQuotas].
– Klik dua kali pada [Default quota limit and warning level].
– Aktifkan pengaturan ini dengan mengklik [Enabled]. Untuk default quota limit, isikan besarnya batasan disk di bagian value dan satuannya di bagian unit.

[Default quota limit and warning level] berfungsi mengingatkan pengguna apabila batas kuota hampir terlampaui. Isikan value dan unit-nya dengan format yang sama dengan default quota limit. Hanya saja, ukurannya lebih kecil dari yang sebelumnya.

Setelah mengatur semuanya, klik [Ok]. Saat ini, kita telah menonaktifkan dan mengatur batas kuota di PC. Langkah selanjutnya adalah “penegakan hukum” atas peraturan yang telah dibuat. Langkahnya sebagai berikut.

– Masuk kembali ke folder [local computer policy] > [Computer Configuration] > [Administartive Templets] > [Sistem] > [Disk Quotas] di jendela [Group policy].
– Selanjutnya, lakukan pengaturan pada [Enforce disk quota limit] dengan mengklik ganda > pilih [Enabled] > klik [Ok].
– Tutup jendela [Group policy] dan sekarang telah tercipta sebuah “peraturan” baru di dalam PC yang dipakai beramai-ramai.

Dapatkan trik-trik lainnya guna mengoptimalkan kerja komputer Anda dalam buku “Jago Windows XP Dalam Sehari” karya Sauqi Kurniawan (Tangga Pustaka. 2009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *