Tip Membangun Jaringan

Banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan impian. Salah satunya adalah dengan menjalin jaringan langsung dengan pihak yang mempunyai jaringan yang luas.

Namun, membina jaringan bukan hanya menghubungi setiap orang yang Anda kenal, lalu meminta pekerjaan. Anda harus membangung dan membina hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain.

Meski terkesan mudah menjalankannya, tapi jangan pernah meremehkan kekuatan dari jaringan ini. Anda tidak akan pernah tahu jika nantinya ada yang menghubungi Anda berkat jaringan ini. Nah, jika Anda berniat, berikut adalah beberapa tip yang bisa Anda praktikkan dalam membangun jaringan (Baber & Waymon, 2007).

  1. Inti dalam membangun jaringan adalah membuat orang lain kenal dengan Anda. Perkenalkan diri Anda dengan jelas. Jangan terlalu berlebihan atau mengada-ada.
  2. Bersikaplah dengan positif. Jika Anda menghadiri sebuah acara bedah buku, ciptakanlah kesan positif dari diri Anda.
  3. Bangun kepercayaan terhadap Anda dengan cara sebagai berikut.
        ? Lakukan apa yang Anda ucapkan.
        ? Penuhi tenggat waktu (deadline).
        ? Perlakukan siapa pun dengan adil.
        ? Berbicara baik tentang seseorang, meskipun sedang tidak ada.
        ? Jika terjadi kesalahan, segera perbaiki.
        ? Hargai orang lain.
  4. Bawalah teman ketika mengikuti seminar agar Anda tidak tampak kaku sendirian, tetapi jangan membawa teman terlalu banyak agar konsentrasi Anda tidak pecah.
  5. Hadirilah acara-acara dengan penuh semangat dan energi.
  6. Hati-hati dengan bahasa tubuh dan jagalah kontak mata dengan lawan bicara Anda. Gunakan anggukan untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan pembicaraan dengan lawan bicara.
  7. Jangan asal menyebar kartu nama.
  8. Tawarkan bantuan sebanyak-banyak pada orang lain dalam suatu acara atau seminar.
  9. Hindari menguasai pembicaraan dan menginterupsi pembicaraan orang lain.
  10. Ucapkan terima kasih, pada siapa pun yang Anda ajak berkomunikasi.
  11. Lanjutkan pertemuan Anda dengan teman-teman dalam jaringan.
  12. Jaga hubungan melalui surat elektronik, telepon, atau layanan pesan singkat agar hubungan tetap baik.

Tip membangunan jaringan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan ini terdapat dalam buku Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian karya FA Triatmoko HS, S.Psi yang diterbitkan oleh Tangga Pustaka.

Tidak hanya itu, buku ini juga membantu Anda untuk mengenali diri, mengenali dunia kerja, dan bagaimana mencari kerja yang tentunya sesuai dengan impian Anda, lengkap dengan contoh-contoh kasus, suplemen tentang tema-tema psikologi, tips-tips, atau latihan-latihan. Buku ini tidak hanya dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi juga untuk mengembangkan karier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *